Halo, Sobat Blogger!


Biasanya kamu mengunakan aplikasi screenshoot apa? Kalau saya sih cari yang gampang aja. Kalau bisa sudah bawaan si browser. Biar apa? Biar praktis, enggak ribet-ribet, wkwk. Maklum saya tuh orangnya suka yang praktis. Kalau ada yang praktis ngapain pakai yang ribet? Betul apa betul? wkwkwk *semoga ada yang setuju, muahahaha.

Nah, pada suatu ketika *kaya mau nulis cerpen, wkwk* saya kesulitan untuk screenshoot full page di laptop, maksudnya di website, ya. Ada suatu keperluan yang dimana saya harus screenshoot secara full. Nah, berhubung punyanya di laptop hanya snipping tool *ada yang suka screenshoot screen kalau di laptop pakai ini juga?, hihi TOS!* jadilah saya kelabakan. Ya, secara sniping tool ini enggak bisa screenshoot full satu page untuk sebuah website. Heu.

Galau, gaes!

Tapi itu enggak lama, saya googling. Iya lah, tanya siapa lagi kalau enggak mbah google kan? hehe. Nah, ketemu lah langsung sama aplikasi kece ini. Beuh kaget oy. Aplikasi keren begini ternyata bawaan dari browser chrome. Tinggal tambahkan plugin aja, download-nya cepat. Plug, gitu. Beres.

Keren, gaes!

Ini logonya die gaes ~

Perlu cobalah pokoknya mah. Nama aplikasinya Awesome Screnshoot : Screen Video Recorder. Sesuai sama namanya, awesome! Sungguh saya terkesima. Dari dulu kemana aja, baru tau, wkwk. Nah untuk kamu-kamu yang juga sama norak-nya kaya saya. Yuk, melipir saya kasih tau tutorial dari cara download hingga kamu bisa pakai screenshoot kece ini. Check this out! *gaya banget pakai bahasa inggris, wkwk.

Langkah 1 : Pasang Plugin Awesome Screenshoot di Browser Chrome

2. Pilih "Extensions"


3. Cari di "Search the Store" aplikasi Awesome Screenshoot


4. Pilih "Awesome Screenshoot : Screen Video Recorder"


5. Pilih "Add to Chrome"


6. Akan ada pop up dan pilih "Tambahkan ekstensi"


7. File akan terdownload otomatis ke desktop kamu
8. Voila! Enggak pakai lama Awesome Screenshoot sudah terpasang di browser chrome kamu. Yuhuu!
Berhasil! Sudah ada di browser chrome


Langkah 2 : Cara Menggunakan Awesome Screenshoot

1. Klik icon Awesome Screenshoot yang berada di sebelah kanan atas browser
2. Akan muncul beberapa pilihan untuk screenshoot seperti ini


3. Pilih "Capture Entire Page" (ini untuk capture keseluruhan website/blog secara full page"


4. Setelah proses screenshoot selesai, akan masuk ke editing capture (ini keren banget, gaes! bisa langsung edit)


5. Biasanya saya enggak pakai edit, jadi langsung pilih "Done"


6. Setelah itu kamu bisa pilih mau di save kemana atau langsung di print.


7. Kalau saya save ke file desktop, dengan klik yang ini


8. Selesai! Capture kamu telah tersimpan

Screenshoot full page berhasl, gaes!

Begitulah cara-caranya. Bagaimana sudah tercerahkan yes sekarang? Kalau kamu juga membutuhkan screenshoot yang bisa full page satu website or blog gitu, ya pakai Awesome Screenshoot ini sih. Lebih praktis karena bawaan dari browser chrome. Tapi ya emang hanya bisa digunakan di chrome aja, browser lain enggak bisa. Kecuali si aplikasi ini emang ada di browser lain *semoga enggak pusing bacanya, wkwk.

Kalau ada yang nanya apa ini bisa untuk recoder video, bisa banget kok. Jadi yang mau buat tutorial pakai video, mending download juga Awesome Screenshoot ini. Serbaguna banget, terus dia berupa plugin bukan aplikasi. Gratis pula enggak berbayar. Cakep dah pokoknya ini aplikasi. Kusukaa ~

Alhamdulillah, nambah ilmu lagi hari ini ya. Semoga berhasil download aplikasi keren ini, ya, gaes! Jangan diliatin doang, gaes. Praktek-in jangan lupa, wkwk. Oh iya, apakah ada aplikasi keren selain Awesome Screenshoot ini? Mau dong bisik-bisik. Kasih tau di kolom komentar, ya!

Salam,